Rabu, 15 Mei 2013

Cara Menampilkan Widget Pada Template Mobile

Cara Menampilkan Widget Pada Template Mobile

zona trik - Saya tahu sudah banyak para blogger di luar sana yang membahas tentang hal ini yakni cara menampilkan widget pada template mobile, karena caranya yang terbilang sangat mudah sehingga banyak sekali yang telah menggunakannya dan memodifikasinya sedemikian rupa hingga menjadi sebuah tampilan widget yang sesuai dengan keinginan.

Pertanyaan berikut akan muncul dalam benak sahabat pembaca semuanya, apa bedanya dengan cara yang telah di share oleh blog lain? Saya tidak tahu apa bedanya namun yang pasti saya akan mencoba memberikan ulasan yang semaksimal mungkin hingga menjadi mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh anda semuanya karena saya tahu, masing-masing template blog memiliki perbedaan yang terkadang menyulitkan anda untuk menerapkan tutorial yang diberikan oleh para blogger.

Dipostingan cara menampilkan iklan (Adsense) pada template mobile telah saya berikan caranya, namun tidak saya ulas secara menyeluruh dan akhirnya pada kali ini saya akan mengulasnya secara menyeluruh. Pada dasarnya untuk menampilkan widget pada template mobile hanya membutuhkan perintah pemanggil widget dengan mobile='yes' yang disisipkan diatara kode widget yang ada pada template blog.

Saya akan buat satu contoh yakni menampilkan widget entri populer pada template mobile:

- Masuk ke Blogger.com >> Tata Letak >> Add Gadget >> Pilih Entri Populer >> Save / Simpan

Pada umumnya, widget entri populer hanya akan tampil pada blog versi desktop atau saat dibuka melalui PC, namun hal ini mampu disiasati dengan menambahkan kode mobile='yes' pada template agar tampil pada versi mobile dan berikut caranya.

Setelah memasang widget populer post, buka Blogger.com >> Template.
Silahkan back up terlebih dahulu template anda untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan, Next >

  • Edit Template
  • Centang Expand Template Widget
  • Cari kode entri populer yang telah anda pasang melalui tata letak tadi dengan cara menekan CTRL + F dan memasukkan judul widget yang anda cari.
  • Jika sudah ketemu, tambahkan kode mobile='yes' diatara kode locked='false' dan title='blablabla'
Contoh kode yang ada pada template blog saya sebelum saya sisipi kode mobile='yes':
<b:widget id='PopularPosts3' locked='false' title='Entri Populer' type='PopularPosts'>

Contoh kode yang ada pada template blog saya setelah disisipi kode mobile='yes':
<b:widget id='PopularPosts3' locked='false' mobile='yes' title='Entri Populer' type='PopularPosts'>

Apa cari ini bisa digunakan untuk widget lain? Tentu, widget entri populer diatas hanyalah sebuah contoh agar lebih mudah dalam memahami tutorial ini. Langkah diatas bisa digunakan untuk semua widget seperti Widget Followers, Widget CSE, dan macam-macam widget lainnya selama masih ada dalam fungsinya.

Yapz, tutorial diatas tidak jauh beda dengan tutorial yang ada di internet namun saya berharap semoga totorial ini mudah dipahami oleh anda semua. Happy Blogging :)

4 komentar:

  1. http://bumi-informasi.blogspot.com/2013/02/cara-memasang-iklan-pada-template-mobile.html

    BalasHapus
  2. terimakasih atas trik nya min :)

    BalasHapus

↪ Warning ↩
① Berkomentarlah Dengan Bijak Dan Sewajarnya
② No Spam
③ No Sara